Peluang dan Tantangan pada Tahun Naga

KOMPAS.com — Tahun Naga Air dalam penanggalan Tiongkok akan menggantikan tahun Kelinci. Naga adalah salah satu sosok hewan terkuat dalam sistem penanggalan tradisional Tionghoa, yang memiliki kekhasan berupa perubahan drastis, yang bisa saja terjadi selepas tanggal 23 Januari 2012 hingga satu tahun penanggalan lunar ke depan.

Banyak pasangan muda punya keinginan memiliki anak atau menambah anak lagi yang ber-shio naga. Terutama pasangan yang ber-shio tikus, monyet, dan ayam, diketahui memiliki kecocokan dengan shio naga. Kecocokan anak dengan orangtua dipercaya membawa keberuntungan dalam keluarga.

Pakar feng shui, Mauro Rahardjo, yang ditemui di Surabaya, Jawa Timur, pekan lalu, menceritakan, tahun Naga Air ini akan sangat dipengaruhi siklus Planet Yupiter. ”Tahun ini merupakan salah satu siklus terkuat Yupiter yang berotasi terhadap Matahari setiap 12 tahun sekali. Adapun Bumi mengelilingi Matahari dalam siklus satu tahun,” ujarnya.

Mauro, yang juga pendiri Masyarakat Feng Shui Indonesia, menerangkan, 12 posisi Yupiter relatif terhadap Bumi itulah yang dikenal dengan istilah shio (horoskop China). Posisi Yupiter ini sangat berpengaruh terhadap energi chi (Mandarin: qi) di permukaan Bumi, tak ubahnya peredaran Bulan memengaruhi kondisi alam seperti pasang surut air di Bumi. Ini bukanlah takhayul dan telah diselidiki Laboratorium Meteorologi di Amerika Serikat. Ilmu feng shui sudah lama mengamati dan menjabarkannya dalam ilmu Bintang Terbang (Fei Xing).

Energi chi yang dihasilkan pergerakan Yupiter tersebar di sembilan sektor yang digambarkan dalam suatu petak 3 x 3 sesuai dengan arah mata angin dan sebuah titik pusat. Arah utara diwakili angka 2, timur laut angka 9, timur angka 4, tenggara angka 5, selatan angka 1, barat daya angka 3, barat angka 8, barat laut angka 7, dan titik pusat angka 6.

Menurut Mauro, cara menginterpretasikan sederhana saja, yaitu semisal memiliki rumah atau kantor, dapat dilihat apakah mendapat energi positif sesuai dengan perhitungan sembilan angka sesuai arah mata angin pada perhitungan tahun Naga Air yang akan membawa keberuntungan.

”Sebaliknya, jika yang datang adalah angka atau arah mata angin yang membawa energi negatif, akan berpengaruh pada hambatan dan rintangan. Namun, sesuatu yang negatif bisa disiasati dengan tidak memicu potensi keburukan bermanifestasi menjadi keburukan,” papar Mauro.

Energi positif pada tahun 2012 terutama akan dirasakan di arah barat yang diwakili angka 8 (Bintang putih atau Ba Bai). Jika pintu rumah menghadap ke barat atau memiliki kamar tidur di arah barat, kesuksesan ini juga bisa dirasakan penghuni rumah-rumah dengan posisi pintu masuk dan kamar tidur yang berada di arah tersebut.

Namun, ini juga bergantung pada yang bersangkutan apakah mampu menggunakan kesempatan yang tersedia atau tidak. Jika tidak bisa memanfaatkan peluang ini, berarti kehilangan kesempatan baik.

Sektor kedua yang memperoleh energi bintang bagus adalah arah selatan yang akan kedatangan Bintang-1 putih (Yi Bai). Energi ini membawa nama harum dan tenar, serta adanya sukses di bidang akademik dan tenaga profesional memperoleh momentum yang baik.

Bintang-4 (Si Lu) yang merupakan bintang akademik dan bintang asmara akan menempati arah mata angin timur. Pengaruhnya sangat berguna bagi mereka yang berkarya di bidang akademik dan profesional, serta bagi mereka yang belum mendapatkan jodoh, ada peluang yang baik akan mendapatkan kekasih pada tahun ini.

Sektor lain yang beruntung adalah timur laut. Pada tahun ini kedatangan Bintang-9 ungu (Qiu Zi), yang memperoleh kesehatan, jaringan sosial semakin luas, dan kegembiraan dalam berbagai aspek kehidupan. Jika pintu rumah menghadap timur laut, mungkin penghuni rumah bisa merayakan suatu pesta kegembiraan, antara lain, berupa sukses bisnis, sekolah, atau ada kesempatan merayakan pernikahan.

Selain energi positif di atas, sejumlah arah mata angin lain ada yang cenderung membawa energi negatif bagi rumah ataupun pintu yang menghadap ke arah tersebut, seperti tenggara, selatan, barat daya, dan barat laut. Meski demikian, Mauro mengingatkan agar tidak kecil hati karena energi positif bisa diaktifkan dengan benda-benda: bergetar, hidup (akuarium), berbunyi, dan bercahaya.

Dia mengingatkan, pada tahun 2012 akan ada tabu atau larangan-larangan di mana suatu sektor di dalam bangunan dilarang untuk diramaikan, dibongkar, digali, dan direnovasi. Pertama, energi negatif yang datang terlalu kuat tidak baik untuk diusik berkenaan dengan kedatangan Tai Shui, yaitu Tahun Naga, yang berada di tenggara (antara 112,5o-127,5o). Di sektor ini sebaiknya tidak ada penggalian tanah atau renovasi bangunan.

Ada baiknya waktu bekerja atau ranjang tidur tidak berada di arah Tai Shui ini. Demikian pula sektor yang terkena Wu Wang (Bintang 5 kuning) di tenggara serta sektor selatan pada tahun 2012 terkena Samsart (”tiga pembunuhan”).

Waktu Kelahiran
Secara terpisah, pakar feng shui, Jennie Kumala Dewi, memberikan keterangan tambahan soal makna keberuntungan pada tahun Naga Air dengan memperhatikan elemen waktu kelahiran seseorang dan beragam perhitungan rinci yang bisa dikaitkan dengan perhitungan feng shui.

”Tahun ini hendaknya jangan berganti profesi secara drastis. Hendaknya bertahan menghadapi persaingan yang sudah berhasil dilalui pada tahun Harimau dan tahun Kelinci. Jika bertahan dengan apa yang dirintis, akan menikmati hasil pada tahun ini,” kata Jennie, yang juga seorang arsitek dan pembawa acara di sejumlah stasiun televisi.

Secara nasional, lanjut Jennie, kondisi Indonesia tidak akan negatif karena shio naga memiliki kecocokan dengan shio ayam yang merupakan tahun kelahiran Republik Indonesia. Berdasarkan perhitungan waktu kelahiran itu, bangsa Indonesia bisa dikatakan manja dan itu dibuktikan melalui kekayaan alamnya yang melimpah.

Sesuai dengan sifat naga yang penuh kejutan, tahun ini diperkirakan muncul tokoh nasional dari sosok yang tidak diunggulkan, baik dari kalangan muda maupun tua. Demikian pula di dunia selebriti, sejumlah orang lama akan kembali muncul dan berkibar di tingkat nasional.

Sejumlah profesi yang memiliki kecocokan dengan tahun Naga Air, kata Jennie lagi, di antaranya adalah seni busana, seni kreatif, desain, dan pekerjaan yang terkait dengan logam serta permesinan, termasuk komputer. Fenomena ini terjadi seperti 12 tahun silam saat dikatakan terjadi crash pada sistem komputer (Y2K).

Sejumlah profesi dengan elemen api dan air yang akan mengalami persaingan sangat berat adalah sektor perbankan, pemasaran, dan dunia saham. Demikian pula bisnis yang terkait dengan peredaran barang, seperti bidang transportasi.

Semua itu adalah hitung-hitungan berdasar feng shui dan perhitungan waktu lahir (weton) yang tentu dapat disiasati dengan kerja keras dan cermat.

Gong Xi Fa Cai, Selamat dan Sejahtera pada Tahun Naga Air!
(Sumber: http://sains.kompas.com)

Popular posts from this blog

Nikita Mirzani Koleksi Foto Telanjang

Edison Chen Kesandung Skandal Foto Mesum Lagi

Daniel Mananta Bantah Remas Dada Syahrini