Seribuan Millionaire Baru dari IPO Facebook

Mark Zuckerberg memukul gong di depan para stafnya
Rencana Facebook menjual sahamnya sudah menggegerkan. Tetapi berita berikut sedikit mengejutkan. Seribuan karyawan Facebook diperkirakan akan jadi millionaire baru.

Facebook memang memberikan opsi saham bagi para karyawannya tergantung pada jabatan. Makin tinggi jabatannya makin banyak opsi saham yang didapat. Chief Operating Officer (COO) Facebook Sheryl Sandberg, misalnya, mendapat jatah 1.899.986 lembar saham. Selain itu ia juga memiliki opsi saham sebanyak 39.321.041 lembar saham ditambah unit saham terbatas yang belum diberikan. Jika Facebook melakukan Initial Public Offering (IPO) dan menghasilkan valuasi setidaknya US$ 87,5 miliar (perkiraan valuasi penjualan sahamnya berkisar antara US$ 75-100 miliar), Sheryl akan menjadi salah satu perempuan terkaya di AS dengan penambahan kekayaan sebesar US$ 2 miliar sehingga ia bisa bersanding dengan Oprah Winfrey yang memiliki kekayaan US$ 2,7 miliar.

Ternyata karena banyak karyawan Facebook juga mendapat jatah saham, mereka juga mendapat berkah dari IPO Facebook itu. Saat ini karyawan Facebook sekitar 3000-an orang. Tak semuanya mendapat jatah opsi saham. Menurut perkiraan Reuters ada sekitar 500-1000-an karyawan Facebook yang akan menjadi millionaire baru dari IPO perusahaan yang didirikan Mark Zuckerberg tersebut.

Seorang staf yang mulai bekerja di Facebook tahun 2005, misalnya, diperkirakan akan mendapat kekayaan baru sebesar US$ 50 juta. Karena begitu besarnya rejeki nomplok itu sampai-sampai ia berencana ikut tamasya ke ruang angkasa yang ongkosnya saja sebesar US$ 200.000. Karyawan lain merencanakan petualangan ke tempat-tempat lain yang eksotik seperti di film Indiana Jones.

Menurut Reuters, di antara staf-staf yang paling beruntung adalah staf bagian teknis. Seorang insinyur yang mulai bekerja di Facebook tahun 2009 dan memiliki pengalaman kerja 15 tahun memiliki opsi membeli saham perusahaan itu sebanyak 65.000 lembar saham dengan harga US$ 6/lembar. Jika ia mengambil kesempatan itu, saat ini harga sahamnya sudah menjadi US$ 12/lembar.

Karena pada Oktober 2010 perusahaan memberikan kebijakan split saham dengan perhitungan satu saham menjadi lima saham, maka opsi yang dimiliki si insinyur tadi adalah memiliki 325.000 lembar saham. Dengan asumsi setelah IPO harga saham Facebook jadi US$40/lembar, sang insinyur tadi akan memiliki kekayaan sebesar US$ 12 juta (sekitar Rp 108 miliar).

Seperti itulah cara Mark Zuckerberg berbagi kekayaan. Facebook sendiri baru mengajukan persyaratan go-public-nya ke Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) Amerika Serikat pada Rabu, 1 Februari 2012, lalu. Gong IPO-nya diperkiarakan akan berlangsung sekitar April atau Mei tahun ini.
(Sumber: http://m.andriewongso.com)

Popular posts from this blog

Nikita Mirzani Koleksi Foto Telanjang

Edison Chen Kesandung Skandal Foto Mesum Lagi

Daniel Mananta Bantah Remas Dada Syahrini