Jokowi & Risma Masuk Nominasi Wali Kota Terbaik Dunia

Jakarta Wali Kota Solo Joko Widodo (Jokowi) dan Wali Kota Surabaya Tri Risma Harini (Risma) menjadi nominasi kandidat Wali Kota terbaik Dunia oleh The City Mayor Foundation. Nama mereka tertera di antara puluhan kandidat Wali Kota terbaik dari 5 benua di dunia.

The City Mayor Foundation merupakan organisasi nirlaba yang didirikan tahun 2003 untuk mempromosikan, mendorong dan memfasilitasi pemerintahan lokal yang terbuka dan kuat. Nah, sejak tahun 2004, organisasi ini meluncurkan penghargaan World Mayor Prize yang diadakan setiap 2 tahun sekali.

Hal ini bertujuan memberikan penghargaan bagi para wali kota yang memimpin kota-kota di seluruh dunia. Mereka membagi wilayah dunia dalam 6 wilayah, yaitu Asia, Australasia, Amerika Utara, Amerika Latin, Eropa dan Afrika.

Nama Jokowi dan Risma terpampang dalam salah satu kandidat, dari 17 kandidat dari Asia.
Jumlah kandidat yang lain adalah 15 Wali Kota dari Amerika Utara, 12 Wali Kota dari Amerika Latin, 24 Wali Kota dari Eropa, 3 Wali Kota dari negara Australasia dan 6 Wali Kota dari Afrika.

Meski menjaring Wali Kota, namun terdapat juga satu-satunya jabatan gubernur, yakni Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo. Baik Jokowi, Risma dan Syahrul akan bersaing dengan Wali Kota di negara-negara maju, seperti Wali Kota London, Boris Johnson, yang nyentrik karena mulai mewujudkan dan mempopulerkan sepeda sebagai alat transportasi di London.

Daftar kandidat World Mayor Prize ini diperbarui per tanggal 1 April 2012. Dalam memutuskan, The City Mayor Foundation memang memasang formulir online yang bisa diisi seluruh warga dunia, mengusulkan nama Wali Kota, jenis kelamin, kota, negara dan memimpin sejak kapan. Kemudian, warga yang mengusulkan bisa memasukkan email dan mengisi kesaksiannya atas kepemimpinan Wali Kota itu.Link

Dari kesaksian yang masuk melalui formulir online, The City Mayor Foundation memiliki 11 kode etik sebagai parameter menentukan Wali Kota, seperti berkinerja baik, jujur dan melayani warganya dengan kebahagiaan, keamanan dan kesejahteraan. Kemudian, tidak SARA dalam melayani penduduk, tidak korupsi dan menerima gratifikasi dan lain-lain.

Nah, setelah menerima masukan warga dunia dan mencocokkannya dengan 11 kode etik, The City Mayor Foundation menentukan nominasi. Dari total 77 kandidat Wali Kota terbaik sedunia, organisasi akan terus menerima masukan hingga Mei 2012. Kemudian disaring menjadi 25 kandidat yang akan dipublikasikan pada awal Juni 2012. Nah, pemenangnya akan diumumkan pada Desember 2012.

Dalam penentuan Wali Kota Terbaik Sedunia ini, City Mayor Foundation mewanti-wanti, bahwa tak ada hubungan dengan kota atau organisasi mana pun. Proyek ini murni nirlaba. Sponsor, iklan, langganan, donasi dan pemasukan lain tidak dicari dan akan ditolak, bila ditawarkan.

Nah, bila tertarik mendukung Jokowi, Risma atau Syahrul Yasin Limpo, segera saja ke www.worldmayor.com
(nwk/nrl) (Sumber: http://news.detik.com)

Popular posts from this blog

Nikita Mirzani Koleksi Foto Telanjang

Edison Chen Kesandung Skandal Foto Mesum Lagi

Daniel Mananta Bantah Remas Dada Syahrini